Sunday, October 14, 2012

Review: 14 Hari Bersama Lenovo Thinkpad E125

Minggu lalu saya membeli netbook dari Lenovo, tepatnya Lenovo Thinkpad E125. Saya sangat puas dengan performanya sampai saat ini.
Beberapa aplikasi yang cukup berat bisa berjalan dengan lancar, padahal netbook ini hanya memakai prosesor AMD dual core E450 1.65GHz.






Alasan saya memilih Lenovo Thinkpad E125 saat itu adalah budget dan sedikitnya pilihan.
Sebelumnya saya memakai netbook Asus E350, tetapi saya kecewa dengan kualitas layarnya.
Ketika saya melihat Lenovo Thinkpad E125, saya langsung cek layarnya dan ternyata layarnya sangat bagus (cukup tajam, tetapi tidak membuat mata perih). Selain itu harganya juga pas untuk kantong mahasiswa, hehe.

Ketahanan Lenovo Thinkpad E125

Meskipun batrerainya 6 cell, tetapi Lenovo Thinkpad E125 bisa bertahan sampai 10 jam. Yup, 10 jam saya pakai hanya untuk online. Rata-rata pemakaian untuk kegiatan office biasanya bertahan 5 sampai 8 jam.
Sayangnya saya belum bisa memberikan saran tentang bagaimana Lenovo Thinkpad E125 diajak bermain game. Akan tetapi, sekedar info thnkpad E125 ini memakai VGA Radeon Graphics HD 6320.
Untuk urusam nonton, saya tidak kecewa. Ketika saya memutar Anime 720p 10 bit, netbook ini bisa memutarnya dengan lancar, selain itu Lenovo Thinkpad E125 juga bisa menampung ratusan anime 720p karena memiliki HDD 500GB.
Sekedar info, kebanyakan netbook tidak bisa memutar dengan lancar video 720p 10 bit.
Pemakaian outdoor pun tidak mengecewakan, netbook ini benar-benar bandel dan tahan banting. Netbook ini cukup dingin untuk di ajak bekerja di outdoor (tanpa AC).




Lenovo E125

Harga Lenovo Thinkpad E125

Saya membeli Lenovo Thinkpad E125 dengan harga Rp 3.700.000,- di BEC Bandung. Dengan harga segitu, saya bisa mengupgrade memorinya sampai 4GB, jadi total harga yang saya keluarkan Rp 4.000.000,-. Sebelumnya standard-nya Lenovo Thinkpad E125 diberi memori sebesar 2GB.
Dengan harga sebesar itu, kamu sebenarnya bisa memilih netbook lain yang lebih bagus spec-nya. Tetapi coba perhatikan kualitas body. Karena saya menemukan netbook dengan spec elbih tinggi, tetapi kualitas body dan layar cukup mengecewakan.
Bonus yang diberikan Lenovo Thinkpad pada paket pemebeliannya hanya neetbook bag.

Kelemahan Lenovo Thinkpad E125

Meskipun begitu, bukan berarti Netbook ini tidak ada kurangnya. Ok, harga dan performa memang berbanding lurus. Tetapi ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan saat kamu membeli netbook ini.
Pertama, Lenovo Thinkpad E125 ini tidak dilengkapi OS saat kamu membelinya. Kamu harus membeli secara terpisah OS-nya.
Saran saya, kamu bisa memakai Distro Linux Ubuntu sebagai alternatif. Saya sdah mencobanya dan hasilnya sangat bagus.
Kedua, Lenovo Thinkpad E125 ini tidak dilengkapi CD driver Lenovo Thinkpad E125 saat pada paket pembeliannya. Artinya kamu harus mendownload sendiri driver-nya di situs Lenovo.
Mungkin itu saja kelemahannya, sampai saat ini saya tidak menemukan kelemahan lain yang cukup berarti.

Bagaimana? Apakah review saya cukup membantu? Jika ada hal yang ingin kamu tanyakan, komentar saja di bawah.

No comments: